Cara Mengatasi Aturan Ganjil Genap Tanpa Harus Ganti Kendaraan

Pemberlakuan area ganjil genap di kota-kota besar seperti Jakarta tak dipungkiri membuat pemilik kendaraan sulit untuk bepergian. Khususnya di tengah masa pandemi saat transportasi publik masih riskan menularkan virus berbahaya. Anda yang baru mengambil kredit Mitsubishi Pajero Sport pun harus berpikir berulang kali karena kalau sampai melanggar aturan mobil pasti bakal ditilang.

Kendati demikian, Anda masih bisa mengatasinya dengan menerapkan beberapa strategi berikut:

·         Jaga kecepatan berkendara

Salah satu alasan yang mendasari penerapan area ganjil genap adalah untuk mencegah kerumunan dan kepadatan yang harus dihindari di masa pandemi. Sayangnya, beberapa pengemudi malah memanfaatkan situasi tersebut buat kebut-kebutan tanpa memerhatikan keselamatan pengguna jalan lainnya.

Jadi, kalau Anda kebetulan sedang bisa melintasi rute tertentu, tetap jaga kecepatan berkendara supaya selamat sampai tujuan sekaligus menjaga keamanan lalu lintas, ya.

  • Periksa keadaan lewat kaca spion

Potensi kecelakaan di jalan raya akan selalu ada, bahkan bisa datang mendadak. Sebagai bentuk antisipasi, selalu periksa keadaan sekitar melalui kaca spion mobil. Anda bisa menggunakan kaca spion kanan, kiri, atau tengah karena ketiganya sama-sama memberikan benefit yang berguna untuk Anda ketika berkendara.

Lakukan pemeriksaan setiap sepuluh detik sekali, terutama saat melewati area ganjil genap dan jalanan lengang yang rentan dilewati kendaraan berkecepatan tinggi.

  • Hati-hati saat hendak pindah jalur

Anda yang berkesempatan mengendarai kendaraan ke area ganjil genap harus memerhatikan manuver sesuai dengan safety riding. Misalnya saja dengan tidak pindah secara mendadak karena langkah ini bisa membahayakan Anda maupun pengendara lain yang sedang melintas.

Sebaiknya Anda tetap melaju dalam kecepatan normal kalau sedang tak mendesak. Kemudian, kalaupun ingin pindah jalur untuk mendahului atau menepi, cek kanan-kiri mobil lewat spion dan nyalakan lampu sein.

  • Menumpang dengan mobil teman atau kerabat

Harus lewat area ganjil genap saat mobil Anda sedang tak dapat giliran? Carilah teman atau kerabat yang mobilnya dapat melewati jalur atau rute tujuan Anda. Strategi seperti ini sebenarnya lebih mudah diaplikasikan bersama rekan kerja supaya tetap bisa ke kantor tepat waktu.

Dengan mengecek area ganjil genap dan menyesuaikannya dengan nomor polisi masing-masing mobil, Anda dan teman kantor dapat membawa mobil secara bergantian.

  • Tetap patuhi protokol kesehatan

Walau protokol kesehatan untuk berkendara lebih longgar dibandingkan dua tahun sebelumnya, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Tetap patuhi aturan standar seperti mengenakan masker, bawa hand sanitizer, dan jaga jarak saat membawa penumpang lain.

Untuk berjaga-jaga, siapkan sertifikat vaksinasi, entah fisik atau digital, dan bukti tes antigen atau PCR kalau Anda harus bepergian jauh menggunakan mobil.

Semoga pengalaman berkendara Anda tetap lancar, ya. Bagaimanapun, keselamatan dan keamanan di jalan tetap harus selalu diutamakan guna mencegah terjadinya kecelakaan saat berkendara.

Posting Komentar

0 Komentar