Inilah 4 Kerugian Jika Sering Telat Mengganti Oli Motor Matic

Memakai kendaraan automatic / matic memang menjadi pilihan praktis bagi pengendara bermotor, lantaran selain lebih hemat bahan bakar juga pengoperasiannya terbilang lebih mudah. Dalam menjaga agar performa kendaraan tetap terjaga, tentunya oli untuk motor matic harus selalu diganti secara rutin, bukan? Sebab, jika hal ini disepelekan maka nantinya akan membawa dampak kerugian yang besar pada kerusakan motor dan berbagai kerugian lainnya.

 


Tanda – tanda oli motor matic harus diganti

 

Demi menghindari terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan pada komponen – komponen mesin kendaraan bermotor, maka sudah seharusnya bagi Anda untuk mengganti oli motor matic secara berkala. Adapun waktu yang tepat dalam mengganti oli motor ini bisa Anda lakukan jika menemukan tanda – tanda berikut ini :

 

·            Suara mesin kendaraan kasar

Jika suara mesin kendaraan matic sudah terdengar kasar dan tidak normal seperti biasanya, maka ini menandakan bahwa Anda perlu untuk menggantinya segera.

·            Telah melebihi batas kilometer yang dianjurkan

Ketika membeli kendaraan baru, biasanya akan terdapat buku panduan mengenai angka kilometer yang menganjurkan kita untuk mengganti oli matic. Jika sudah mencapai batasnya, maka dianjurkan untuk menggantinya.

·            Terjadi perubahan warna pada oli dan berbau

Tanda oli untuk motor matic harus diganti yakni jika warna oli tersebut sudah hitam pekat dan mengeluarkan bau yang menyengat. Dimana, hal ini menandakan jika oli tersebut telah kadaluwarsa.

 

Apa saja kerugian yang dialami jika tidak segera mengganti oli motor?

 

Pada umumnya, melakukan penggantian oli motor bertujuan untuk merawat mesin kendaraan motor agar lebih awet dan lebih nyaman ketika dikendarai. Namun, jika hal ini tidak dilakukan maka bisa mengakibatkan banyak kerugian seperti berikut.

 

·       Menjadikan biaya perawatan lebih mahal

Terlambat ganti oli sering kali menjadikan salah satu hal yang mengakibatkan biaya perawatan motor menjadi lebih mahal. Hal ini lantaran telat ganti oli dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada komponen – komponen lain di dalam mesin.

·       Tingkat kenyamanan berkendara berkurang

Jika Anda terlambat menggani oli mesin motor, maka hal ini dapat dipastkan bahwa getaran pada motor akan sangat berat. Sehingga, hal inilah yang nantinya akan mengakibatkan kenyamanan berkendara terasa berkurang tidak seperti biasanya.

·       Menjadikan mesin mudah overheat

Kerugian yang dialami selanjutnya jika terlambat mengganti oli motor yakni akan menjadikan mesin lebih mudah overheat. Hal ini biasanya terjadi lantaran oli mengalami penurunan volume hingga membuat kinerja pelumasnya kurang bekerja secara maksimal pada mesin motor.

·       Bahan bakar menjadi boros

Akan sangat percuma jika Anda memakai motor matic yang terbilang irit, akan tetapi sering terlambat mengganti oli mesin. Sebab, hal ini akan mengakibatkan tarikan mesin lebih kuat dan akhirnya menjadikan kendaraan membutuhkan lebih banyak konsumsi bahan bakar.

 

Berbagai dampak yang dialami bagi seseorang yang terlambat mengganti oli untuk motor matic ini tentunya akan sangat berpengaruh besar pada kerugian secara finansial nantinya, bukan? Untuk itu, pastikan selalu mengganti oli motor tepat waktu dan memilih oli berkualitas dari Idemitsu yang menawarkan banyak keunggulan di dalamnya.

Posting Komentar

0 Komentar