3 Jenis Lap Mobil untuk Mencuci dan Membersihkan Kendaraan

Membeli mobil dari situs jual mobil bekas terbaik memang menguntungkan. Sebab, Anda tidak perlu repot menginspeksi kondisi kendaraan seorang diri. Nah, jika mobil sudah ada di rumah dan Anda berencana untuk mencucinya sebelum dikendarai, Anda harus mencuci mobil tersebut dengan cara yang benar. Tidak hanya menggunakan sabun yang tepat saja, Anda juga harus memerhatikan kain lap yang digunakan. Sebab, kain lap yang keliru malah bisa merusak kendaraan Anda.


Kalau begitu, apa saja ya jenis kain lap mobil yang bisa Anda pakai? Cek daftar dan penjelasannya di bawah ini dulu!

1.      Kain lap chamois (kanebo).


Jenis kain lap satu ini juga sering dikenal dengan nama kanebo. Alasan mengapa kain chamois atau kanebo ini sangat cocok untuk membersihkan mobil adalah karena tekstur permukaannya yang sangat lembut, sehingga kain jelas tidak akan menggores mobil meskipun Anda usap dan gosok berkali-kali. 


Selain itu, kain ini juga bisa menyerap air dengan cepat. Makanya, kain ini digunakan dalam tahap terakhir ketika Anda mencuci mobil. Kegunaan biasanya adalah mengeringkan kaca dan bodi mobil yang masih basah setelah dicuci. 


Pilihlah kain kanebo dengan kualitas yang baik, meskipun harganya mungkin cukup mahal. Soalnya, makin bagus kualitasnya, makin panjang juga umur pemakaiannya.

2.      Lap microfiber.


Kain lap satu ini sangat unggul untuk membantu mengangkat kotoran berukuran relatif kecil dengan cepat. Ditambah lagi, lap microfiber juga punya permukaan lembut yang tidak akan menyebabkan goresan pada kendaraan.


Dari segi daya serap airnya, lap microfiber juga tak kalah bagus. Soalnya, kain ini punya lubang berukuran mikro serta celah benang berbentuk kail yang bisa menyerap air dengan cepat. Hanya saja, kalau kanebo lebih cocok untuk mengeringkan kendaraan setelah dicuci, kain microfiber bisa Anda pakai saat mencuci mobil.


Namun, penting diingat bahwa kemampuan kain ini juga bergantung pada kualitas serta tekstur kain. Contohnya microfiber waffle yang lebih cocok untuk mengeringkan mobil; high pile untuk instrument panel, waterless wash, dan waxing; low pile untuk coating, mesin, dan segala jenis washing; dan microfiber glass untuk kaca.

3.      Wash mitt.


Jenis kain lap terakhir adalah kombinasi kanebo dengan microfiber dengan bentuk yang sekilas terlihat menyerupai anemon laut atau cendol. Untuk desainnya sendiri, wash mitt biasanya dibuat sebagai sarung tangan untuk memudahkan penggunaannya.


Jenis yang satu ini bisa Anda pakai untuk mencuci maupun mengeringkan kendaraan. Mengingat kombinasinya, tentu jenis kain lap ini tidak akan menimbulkan goresan pada bodi mobil. Dengan begitu, kondisi cat maupun lapisan pelindung pada bodi kendaraan pasti akan selalu terjaga.


Itu dia 3 jenis kain lap mobil yang tepat untuk membersihkan kendaraan Anda. Apakah Anda sudah tahu harus gunakan kain mana saat mau mencuci mobil

Posting Komentar

0 Komentar