3 Jenis Investasi yang Harus Anda Tahu

Dalam menjalankan kehidupan pastinya siapa saja membutuhkan uang yang banyak. Akan tetapi, pendapatan saja rasanya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu banyak yang mencoba investasi. Bagi  Anda yang ingin mengetahui tentang investasi di sinilah tempat tepat.

Jenis-jenis Investasi yang Harus Diketahui



Ya, sebagai dasar untuk melakukan investasi tentunya Anda harus tahu jenis-jenis investasi terlebih dahulu. Ada investasi jangka panjang, menengah dan pendek. Untuk penjelasan mengenai ketiganya simak uraiannya yang ada di bawah ini:

1.     Investasi Jangka Panjang

Jenis investasi yang pertama adalah investasi jangka panjang. Jenis investasi yang satu ini memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan dalam waktu yang lama atau lebih dari 5 tahun.

Investasi yang satu ini cocok sekali bagi Anda yang memiliki rencana di masa depan. Beberapa rencana tersebut antara lain seperti; pendidikan anak hingga sampai di perguruan negeri, membeli rumah, membeli mobil, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh investasi jangka panjang yang bisa Anda gunakan misalnya adalah Reksadana, emas, properti, saham, dan masih banyak lagi yang lainnya. Keuntungan yang didapatkan oleh investor untuk investasi jangka panjang ini juga cukup banyak.

                Dalam satu tahun, biasanya investor akan mendapatkan keuntungan kurang lebih 12 hingga 15% dari modal awal. Walaupun keuntungannya sangat besar namun nyatanya risikonya juga ikut membesar juga.

Seperti contohnya yaitu investasi saham. Keuntungan yang didapatkan dalam jangka waktu yang lama kebanyakan itu sangat tinggi. Namun, jika kita lihat seperti sekarang ini ada pandemi yang meluluh lantahkan perekonomian banyak perusahaan.

Banyak investor yang rugi akibat pandemi berkepanjangan ini. Namun tak semua saham juga ikut turun di masa pandemi seperti sekarang. Coba lihat bahwa ada perusahaan yang malah melejit di masa pandemi ini.

Ya, perusahaan obat dan alat kesehatan menjadi perusahaan yang bertahan bahkan memiliki peningkatan pendapatan. Dengan ini maka para investornya mendapatkan keuntungan yang tinggi di masa pandemi.

Jadi, sebenarnya adalah investor untuk investasi jangka panjang itu harus benar-benar meneliti berbagai faktor. Jangan sampai melalaikan berbagai faktor karena kerugian pasti akan mengikuti siapa saja yang lalai dalam dunia investasi.

2.     Investasi Jangka Menengah

Selain investasi jangka panjang, ada juga investasi jangka menengah. Investasi jangka menengah adalah investasi yang keuntungannya akan terlihat pada sekitar satu hingga lima tahun lamanya.

Umumnya investor yang menggunakan metode investasi yang satu ini menggunakan dananya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mempersiapkan Dp rumah, dan masih banyak lagi lainnya.

Contoh investasi jangka menengah adalah sukuk ritel, Reksadana (pendapatan tetap dan campuran, Obligasi Negara Ritel atau ORI, dan masih banyak lagi lainnya. Investasi jangka menengah ini cocok sekali untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan cukup besar dengan risiko yang juga tak terlalu besar.

3.     Investasi Jangka Pendek

Jenis investasi yang terakhir adalah investasi jangka pendek. Ya, metode yang satu ini memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan yang lebih cepat bahkan kurang dari satu tahun lamanya. Paling lama adalah sekitar 2 tahun.

Investasi jangka pendek ini biasanya digunakan untuk keperluan liburan, dana darurat, belajar investasi, menikah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa contohnya adalah deposito, Reksadana pasar uang, obligasi, P2P Lending Indonesia, Savings Bond Ritel, dan masih banyak lagi lainnya.

Akan tetapi jika Anda memilih menggunakan investasi jangka pendek maka keuntungan yang Anda dapatkan juga tak terlalu banyak. Oleh karena itu biasanya keuntungan digunakan untuk tujuan yang tidak terlalu banyak memakan uang.

Umumnya, keuntungan yang didapatkan bisa sekitar 4% hingga 6% per tahunnya. Investasi jangka pendek ini memiliki risiko yang kecil. Cocok sekali dilakukan oleh Anda yang sedang belajar investasi dan ingin mendapatkan dana yang berkali-kali lipat banyaknya.

Itu dia beberapa jenis investasi yang perlu Anda ketahui. Kini Anda harus mengetahui tujuan investasi Anda itu apa dan nanti tinggal memilih mana yang paling tepat. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Anda semuanya!

Posting Komentar

0 Komentar