5 Jenis Perusahaan Asuransi Yang Harus Anda Ketahui

Dengan semakin sadarnya masyarakat Indonesia akan pentingnya asuransi, semakin banyak pula bermunculan perusahaan yang menawarkan jasa ini. Dari berbagai nama perusahaan yang mungkin Anda sudah kenal, kita dapat mengkategorikan mereka dalam beberapa jenis. Di sini, kita akan mencoba mempelajari jenis-jenis perusahaan asuransi di Indonesia yang perlu Anda ketahui.


1.      Perusahaan Asuransi Jiwa


Yang pertama adalah perusahaan asuransi jiwa. Perusahaan ini menyediakan produk asuransi yang berfungsi untuk melindungi penggunanya dari risiko yang mempengaruhi hidup dan meninggalnya pengguna. Hal ini berkaitan dengan nilai ekonomi dari pengguna produk asuransi dari perusahaan ini. Selain itu, dibutuhkan izin usaha dari OJK untuk menjalankan perusahaan asuransi jenis ini.


Setelah ketentuan tercapai, yaitu saat pengguna meninggal, maka nilai dari kontrak asuransi akan dibayarkan oleh perusahaan ini pada ahli waris. Aturan ini dapat dilihat pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHF) dalam Buku 1 Bab X pasal 302 s.d pasal 308 KUHD. (Sumber: jdih.kemenkeu.go.id)


2.      Perusahaan Asuransi Umum


Perusahaan jenis ini menyediakan produk asuransi yang melindungi penggunanya dari berbagai elemen yang dapat merusak nilai dari aset yang dimilikinya. Jenis aset di sini dapat diartikan sebagai sesuatu yang dianggap bernilai oleh penggunanya. Misalnya, seorang penyanyi dapat mengasuransikan suara atau pita suaranya yang menjadi aset dari profesi yang dijalaninya.


Selain itu, properti yang juga termasuk aset investasi juga dapat dimasukkan dalam kategori asuransi umum. Sama seperti perusahaan asuransi jiwa, perusahaan jenis ini juga memerlukan izin dari OJK untuk menjalankan usahanya. Dan, menurut data dari OJK, saat ini terdapat lebih dari 74 perusahaan asuransi yang bergerak di bidang ini.


3.      Perusahaan Reasuransi


Berdasarkan namanya, kita dapat tahu bila perusahaan asuransi jenis ini menyediakan asuransi untuk perusahaan asuransi lainnya. Jadi, perusahaan asuransi umum dan jiwa yang disebutkan sebelumnya, akan membeli asuransi dari perusahaan reasuransi untuk melindungi aset dan risiko dari pengguna yang mereka tanggung. Hal ini diatur dalam UU NO 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. (Sumber: sanabila.com)


Dengan adanya asuransi dari perusahaan reasuransi, maka penyedia jasa asuransi akan dapat menjalankan usaha mereka dengan aman. Mereka akan dapat memberikan klaim dari pengguna produk mereka tanpa mendapatkan masalah finansial. Saat ini, terdapat setidaknya 6 perusahaan reasuransi di Indonesia.


4.      Perusahaan Asuransi Wajib


Perusahaan asuransi jenis ini merupakan perusahaan yang dimiliki oleh Pemerintah. Oleh karena itu, bentuk dari perusahaan asuransi wajib adalah BUMN. Saat ini, terdapat tiga perusahaan asuransi berbentuk BUMN yang ada di Indonesia. Ketiganya menyediakan asuransi dalam bentuk tabungan, asuransi sosial, dan berbagai program untuk hari tua.


5.      Perusahaan Asuransi Sosial


Seperti namanya, perusahaan asuransi jenis ini menyediakan produk asuransi sosial. Anda mungkin mengenalnya dengan produk jaminan sosial. Produk ini memberikan perlindungan terhadap kebutuhan-kebutuhan Anda. Hal ini termasuk perlindungan Anda dalam bekerja dan juga kesehatan Anda. Oleh karena itu, produk dari perusahaan ini banyak digunakan oleh perusahaan atau pekerja untuk melindungi profesi dan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan tersebut.


Itu dia lima jenis perusahaan asuransi yang bisa Anda temukan di Indonesia. Tiap jenis perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi yang berbeda-beda. Jadi, dengan pengetahuan ini, semoga Anda dapat memilih dengan tepat perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan. Dengan begitu, produk asuransi Anda dapat melindungi Anda sepenuhnya dari berbagai macam risiko yang Anda hadapi. Misalnya, Anda memilih produk asuransi dari FWD Insurance Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar